PAPER SUMMARY : Separating Common Mode and Differential Mode Noise in EMI Measurement BY A. Nagel, R. W. De Doncke

Assalamualaikum wr wb

Selamat sore semua…

Artikel kali ini berisi tentang summary dari paper tentang Electromagnetic Compatibility (EMC) yang berjudul Separating Common Mode and Differential Mode Noise in EMI Measurement BY A. Nagel, R. W. De Doncke.

Paper ini membahas bahwa dalam melakukan perancangan filter EMI conducted emission dapat dilakukan pemisahan antara noise CM dan DM. Pemisahan ini dilakukan dengan menggunakan rangkaian tambahan saat melakukan pengujian. Rangkaian tambahan ini dapat memfilter dua jenis noise conducted emission tersebut.

Berikut adalah gambar topologi rangkaian yang diusulkan paper tersebut.

sds.JPG

Proses pemisahan dan rangkaian ekuivalen dari tiap jenis noise.

sdsds.JPG

Bentuk rangkaian dan lilitan dalam membentuk rangkaian pemisah noise conducted emission CM dan DM.

hasilnya rangkaian ekuivalen dan nilai dari komponen yang digunakan tertera pada paper tersebut. Untuk melakukan filter antara noise CM saja atau noise DM saja dibutuhkan induktor choke dan sebuah resistor pembagi tegangan untuk mendapatkan nilai arus atau tegangan nya.

kesimpulannya ada dua metode untuk melakukan pemisahan noise CM dan DM saat melakukan pengujian EMI. Metode pertama menggunakan rangkaian tambahan dan yang kedua menggunakan trafo balancing. Dengan metode ini diharapkan engineer EMI dapat merancang filter EMI dengan mudah dan lebih cepat jika dua jenis noise conducted emission tersebut dapat didefinisikan satu persatu.

 

Sekian summary dari paper yang berjudul “Separating Common Mode and Differential Mode Noise in EMI Measurement”. Terimakasih….

Leave a comment